Buku Himpunan Puisi Kemelut Cinta Rahwana ditulis oleh Djoko Saryono diterbitkan atas kerjasam Kafe Pustaka –  Perpustakaan Universitas Negeri Malang dan Pelangi Sastra Malang, tahun 2015. Kamis, 24 Maret 2016 buku karya guru besar Fakultas Sastra UM diperbincangkan dalam acara yang bertajuk KUDAP BUKU dan Pelangi Sastra Malang [On Stage] bertempat di Kafe Pustaka. 

Acara yang diselenggarakan oleh Pelangi Sastra Malang bekerjasama dengan Kafe Pustaka menghadirkan dua sastrawan yang tidak asing di dunia kesusastraan Indonesia yakni Indra Tjahyadi yang saat ini menjadi Biro Sastra Dewan Kesenian Jawa Timur dan Beni Setia. Dengan dimoderatori  sastrawan muda kota Malang yakni Achmad Fhatoni. 

Dalam diskusi yang berjalan kurang lebih 2,5 jam dari pukul 19.00, buku himpunan puisi Kemelut Cinta Rahwana (KCR) diperbincangkan. Beni Setia mengatakan  “Buku karya pak Djoko ini mencoba membuat cerita tentan perwayangan yang keluar dari pakem. Cinta dalam Rahwana di buku KCR adalah cita-cita”. 

Sedang Indra Tjahyadi memulai membahas dari gambar sampul, font dan warna hingga beberapa puisi di dalam KCR. “Saya tak menemukan cinta yang badania dalam buku KCR, cinta diungkapkan secara filosofis dan mendalam. Kata-kata yang digunakan oleh Pak Djoko Saryono kebanyakan mengambil dari khasana bahasa lama yang saat ini tidak banyak digunakan lagi”. Selain itu Indra juga mengatakan “Bahwa penyair itu pencipta mitos kata Sartre”. 

Sedangkan Prof. Djoko Saryono yang tidak bisa hadir karena ada tugas ke Jakarta, melalui pesan pendek menyampaikan “Rahwana, Sinta, dan Rama hanya manusia yang memburu pulung keagungan cinta…krn keagungan sifat ilahi, maka keagungan cinta juga bersifat ilahiah”

KCR adalah salah satu buku puisi yang ditulis oleh Prof. Djoko Saryono di antara yang lainnya, Arung Diri diterbitkan Aditya Media, ada Arung Cinta terbit bersamaan KCR diterbitkan Pelangi Sastra dan Kafe Pustaka dan ada yang akan terbit Tafsir Kenthir Leo Kristi dalam (pura-pura) puisi. Buku KCR ini dijual dengan harga 35.000,- bisa didapat di Kafe Pustaka.