Resmi Dirilis, Ritmekota: Buku Kumpulan Tulisan Musik dari Kota Malang

Berawal dari keresahan akan minimnya angka literasi musik, terutama di Kota Malang, Denny Mizhar dari Pelangi Sastra dan Samack mengajak beberapa kawan penulis untuk mewujudkan sebuah buku. Dalam hitungan waktu hampir dua tahun, Samack yang juga berperan sebagai editor dalam buku ini, berhasil mengumpulkan 12 penulis yang berdomisili atau pernah tinggal di Kota Malang.

Setelah perjalanan panjang mengumpulkan tulisan, editing, dan menata segala sesuatunya, didukung penerbit Pelangi Sastra dari Malang, buku Ritmekota akhirnya dilahirkan. Beredar sejak pertengahan Agustus dengan harga pre-order Rp.62.000 per eksemplar, buku ini sudah terjual sebanyak kurang lebih 150 eksemplar hingga hari peluncurannya.

Tepat pada Rabu, 4 September 2019, buku Ritmekota resmi dirilis dengan menggelar press conference di Ngalup Coworking Space. Hadir di lokasi acara, Samack sebagai editor, Dandy sebagai perwakilan dari penerbit Pelangi Sastra, dan enam dari 12 penulisnya, Radinang Hilman, Prana Okta, Dewi Ratna, Randy Kempel, Zidni R Chaniago, dan Han Farhani.

Penulis lainnya antara lain Alfan Rahadi, Fajar Adhityo, Didid Haryadi, Nova Ruth, Lydia Alessia, serta Agung Rahmadsyah berhalangan hadir karena sedang berhalangan atau berada di luar kota. Ke depannya, buku Ritmekota berencana mengadakan roadshow ke beberapa kota besar di mana para penulis berdomisili saat ini.

“Kebanyakan orang hanya ingin mendengarkan musik, tapi tidak ingin mengetahui ada apa di balik musik. Ritmekota mencoba membunyikan kemungkinan-kemungkinan kecil, bagaimana peristiwa-peristiwa (musik) yang terjadi di Malang,” ungkap Dandy. “Intinya buku ini cuma, ada 12 orang yang ingin bercerita tentang lingkungannya. Mungkin terkesan sederhana,” imbuh Samack. 

Buku Ritmekota sendiri berukuran 12×19 cm dengan ketebalan xvi + 159 halaman. Dicetak di atas book paper, buku ini dikemas dalam soft cover dengan ilustrasi gambar oleh Aldy Maulana. Untuk mendapatkannya, pembeli harus membayar dengan harga normal sebesar Rp.72.000 per eksemplar. Buku ini bisa dipesan di akun Instagram @ritmekota atau @pelangisastrabooks lewat direct message.

 

______________________

Contact person Ritmekota:

Email: [email protected]
IG/Twitter: @ritmekota